Cara kerja generator

Uncategorized

Generator adalah mesin mandiri yang memasok listrik ketika listrik tidak tersedia di jaringan lokal. Generator sering digunakan untuk menyediakan energi cadangan untuk struktur, perusahaan atau rumah selama pemadaman listrik, tetapi juga dapat digunakan sebagai sumber daya utama untuk kegiatan di daerah di mana jaringan lokal tidak tersedia atau tidak dapat diakses, pertambangan dan pertanian atau pengembangan dan konstruksi baru.
Anda dapat membeli generator untuk hampir semua kebutuhan. Beberapa generator adalah perangkat genggam kecil yang digunakan untuk berkemah atau hobi, dan beberapa menyediakan sejumlah kecil energi. Yang lainnya adalah instalasi permanen yang dapat memasok listrik ke seluruh rumah. Jual genset jauh lebih kuat dan dapat mempertahankan kapasitas produksi penuh, rumah sakit, dan kompleks kantor mereka.
Ada generator diesel, generator gas alam, generator propana dan generator bahan bakar ganda. Di bawah ini kita akan melihat bagaimana generator bekerja dan apa yang perlu Anda ketahui untuk menginstal dan memelihara generator.
Bagaimana generator menghasilkan listrik?
Generator sebenarnya tidak menghasilkan listrik. Sebaliknya, mereka mengubah energi mekanik atau kimia menjadi energi listrik. Mereka melakukan ini dengan menangkap kekuatan gerakan dan mengubahnya menjadi energi listrik dengan memaksa elektron dari sumber eksternal melalui sirkuit listrik. Generator pada dasarnya adalah motor listrik yang bekerja secara terbalik.
Beberapa generator, seperti yang ada di Bendungan Hoover, mengubah sejumlah besar energi dengan mengubah energi yang dihasilkan oleh turbin air menjadi listrik. Namun, generator perumahan dan komersial jauh lebih kecil dan dapat mengandalkan sumber bahan bakar tradisional seperti diesel, gas, dan propana untuk menghasilkan energi mekanik dan kemudian secara paksa beralih ke sirkuit untuk menghasilkan arus.
Setelah arus diatur, kawat tembaga digunakan untuk menyalakan mesin eksternal, perangkat, atau seluruh sistem kelistrikan.
Generator modern dapat dikaitkan dengan prinsip induksi elektromagnetik oleh Michael Faraday. Faraday menemukan bahwa adalah mungkin untuk menghasilkan dan mengendalikan muatan untuk menciptakan aliran arus ketika konduktor bergerak dalam medan magnet. Dalam pengertian yang paling mendasar, generator hanyalah sebuah elektromagnet, menggerakkan kawat di dekat magnet untuk mendorong aliran arus. Ini mirip dengan bagaimana pompa mendorong air melalui pipa.
Apa saja komponen generatornya?
Generator terdiri dari sembilan bagian, yang semuanya berfungsi untuk mendapatkan daya dari tempat yang paling dibutuhkan. Bagian-bagian generator adalah:
Mesin Motor memasok daya ke generator. Output mesin menentukan berapa banyak listrik yang dapat dihasilkan generator.
Dynamo Di sini energi mekanik diubah menjadi energi listrik. Alternator, juga dikenal sebagai “genheads,” mengandung komponen bergerak dan stasioner yang bekerja bersama untuk menghasilkan pergerakan medan elektromagnetik dan elektron yang menghasilkan listrik.
1. Sistem catu daya. Berkat sistem catu daya, generator dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan. Sistem ini mencakup tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, pipa yang menghubungkan tangki ke mesin dan pipa balik. Filter bahan bakar menghilangkan debu sebelum mencapai mesin, dan injektor mendorong bahan bakar ke ruang bakar.
1. Regulator tegangan. Komponen ini membantu mengatur tegangan listrik yang dihasilkan. Ini juga membantu mengubah listrik dari AC ke DC, jika perlu.
1. Sistem pendingin dan pembuangan. Generator menghasilkan banyak panas. Sistem pendingin mencegah alat dari panas berlebih. Sistem pembuangan mengontrol dan mengeluarkan uap selama digunakan.

1. Sistem pelumasan. Generator memiliki banyak bagian bergerak kecil. Untuk memastikan kelancaran operasi dan mencegah keausan berlebih, minyak ini harus dilumasi dengan cukup. Tingkat pelumas harus diperiksa secara teratur setiap 8 jam operasi.
Pengisi daya Baterai digunakan untuk menghidupkan generator. Pengisi daya adalah komponen yang sepenuhnya otomatis, memungkinkan baterai digunakan saat dibutuhkan, menjaga voltase rendah tetap konstan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*